Senin, 08 Oktober 2012

Resensi Film I-Robbot

Hello guys, pengen bagi-bagi cerita film yang barusan  aku tonton nih. Judulnya i-robot. Mungkin temen-temen ada yang udah pada nonton kali yah, okelah gak apa-apa, buat yang belum nonton monggo di baca, semoga menyenangkan :)
Directed by                : Alex Proyas
Suggested by             : Isaac Asimov's Book
Prodused by               : Laurence Mark, John Davis, Topher Dow & Wyck Godfrey
Executive production : Will Smith & James Lassiter, Michel Shane & Anthony Romano 
Tahun Pembuatan      : 2004
Durasi                         : 115 Menit
  Pemain                        : will smith (del sponner), bridget moynahan (susan calvin), james cromwell (dr.alferd lanning), VIKI (fiona hogan), alan tudyk (sonny)

           I-robot merupakan sebuah film yang diangkat dari sebuah buku yang tulis oleh Isaac Asimov. film ini menceritakan sebuah kota di amerika serikat, chicago lebih tepatnya di tahun 2035. Will Smith memerankan sebagai Del Spooner, ia adalah seorang detektif
cerdas yang tidak begitu menyukai dengan keadaan amerika saat itu. NS-5 adalah sebuah robot yang diciptakan untuk membantu semua pekerjaan manusia. mengurus urusan rumah tangga, mengirimkan paket ke rumah-rumah, membersihkan sampah-sampah di jalan, semuanya dilakukan oleh robot.
robot-robot ini telah mengambil alih semua pekerjaan manusia. Spooner mempunyai alasan yang sangat kuat mengapa ia tidak menyukai NS-5 ini. Ayahnya dipecat dari pekerjaanya karena pekerjaannya sudah diambil oleh para robot NS-5 ini. Selain itu ia juga mempunyai alasan lain, yang sering muncul dalam mimpinya. Waktu itu Spooner dan seorang gadis sedang berada dalam keadaan yang sangat berbahaya dalam sebuah mobil. mobil itu tenggelam kedalam air, spooner dan gadis tersebut terjepit didalamnya. Seorang gadis yang berada dimobil yang berbeda tersbut terus mencoba untuk keluar namun tetap tidak bisa. NS-5 pun datang. mencoba menyelamatkan spooner dari kejadian tersebut. Spooner memerintahkan kepada NS-5 agar ia menolong gadis kecil itu tetapi NS-5 tidak melakukannnya dan gadis tersebut meninggal.
          Suatu ketika, Dr. Alfred Lanning meninggal dunia. Dr.lanning adalah seorang pembuat robot yang sangat hebat. ia juga yang membuat NS-5. Kematiaanya diduga bunuh diri. Spooner ditugaskan untuk menyelidiki kasus kematian dr.lanning ini. spooner sejak awal sudah mencurigai Sonny (Robot terahir yang diciptakan dr Lanning) adalah pembunuhnya. Tetapi semua orang tidak mempercayainya, spooner disangka mempunyai kelainan jiwa karena ia telah mengiran sebuah robot telah membunuh manusia. Padahal robot-robot itu telah di program dengan didasari oleh III (tiga) hukum mutlak, bunyi hukumnya yaitu :
HUKUM I : "Sebuah robot tidak boleh melukai manusia."
HUKUM II : "Sebuah robot harus mematuhi perintah apapun yang diberikan oleh manusia kepadanya, kecuali perintah tersebut akan bertentangan dengan hukum pertama"
HUKUM III : "Sebuah robot harus melindungi dirinya sendiri selama perlindungan tersebut tidak bertentangan dengan hukum pertama dan hukum kedua"
          Akan tetapi dugaan spooner benar. Sonny adalah pembunuh dr.lanning. akan tetapi itu dikarenakan perintah dan keinginan dr.lanning sendiri. sonny diperintahkan untuk bersumpah untuk tidak menceritakan apa yang sebenarnya. Sonnya adalah satu-satunya robot yang dr.lanning ciptakan mirip seperti manusia. sonny bahkan memiliki perasaan dan bermimpi seperti manusia.
Singkat cerita. keadaan kota berubah 360 derajat. NS-5 yang tadinya di program untuk membantu segala kebutuhan manusia tetapi terjadi human error. dalam pembuatan robot-robot NS-5 ini. robot-robot tersebut diciptakan bukan untuk menjalankan HUKUM ROBOT yang sudah ditetapkan. akan tetapi mereka diciptakan untuk melanggar hukum-hukum tersebut. maka tercipatakan robot perusak yang profesioanal. untuk mengembalikan keadaan seperti semula VIKI (sebuah server robot) harus dihancurkan dengan cara menyuntikan nanite (cairan untuk merusak program robot).
Spooner yang dibantu oleh psikolog robot cantik bernama Dr. Susan Calvin (Bridget Moynahan) dan Sonny mencoba untuk menyntikan nanite kedalam VIKI. perjalanan yang dilakukannya tidak mudah, ratusan NS-5 menyerang dan mencoba menghalangi. tetapi ahirnya mereka berhasil dan Amerika - Chicago kembali seperti semula. Semua NS-5 dikumpulkan dan diamankan untuk sementara. END.

Teknologi yang digunakan dalam film ini adalah :
1.  NS-5 : Robot yang dapat membantu semua kegiatan manusia
2. Cheep Arwah : Dapat memperlihatkan roh dr.lanning yangn sudah meninggal
3. Mobil Spooner : Mobil ini dapat mengendarai sendiri tanpa harus dikendarai oleh manusia
4. VIKI : Server program robot yang dapat berbica sesuai dengan perintah manusia
5. Pintu deteksi : Pintu ini dapat berbicara ketika ada orang yang masuk kedalam ruangan.


A davids entertainment company / laurence mark/ overbook films production
ang alex proyas film

Tidak ada komentar:

Posting Komentar