Senin, 01 Oktober 2012

Antara IT, ICT dan ICCT ?

        IT, ICT dan ICCT ? hanya terdiri dari tiga huruf tapi cukup mebuat rumit fikiran anda. tiga huruf apa ini ? ini adalah tiga huruf yang sangat erat kaitannya dengan dunia teknologi informasi dan komunikasi. Langsuns saja kita mulai bahsa satu persatu dari ketiga jenis huruf tersebut. 
        Pertama, IT (Information Technology) atau dalam bahasa indonesia berarti Teknologi Informasi adalah istilah umum yang menjelaskan teknologi apapun untuk  membantu manusia dalam menebarluaskan suatu informasi. Teknologi ini bukan hanya ada pada komputer melainkan
telepon, televisi, alat-alat rumah tangga elektronik, ponsel dll, juga merupakan bagian dari teknologi informasi. Adapun awal sejarah sebuah teknologi informasi ini dimulai sejak komunikasi atau pertukaran informasi yang dilakukan oleh manusia adalah menggunakan bahasa secara verbal maupun non verbal. Akan tetapi bahasa tidak bersifat lama, daya ingatan manusia terbatas, manusia cenderung lupa dan informasi yang didapatkannya tidak dapat disimpan lama. Kemudian teknologi penyampaian informasi berubah melalui suatu gambar, jangkauan gambar dapat lebih jauh bila dibandingkan dengan bahasa secara verbal yang sangat terbatas. Penemuan alfabet dan angka-angka memudahkan proses penyampaian informasi, penemuan alfabet ini tentu saja adalah cara penyampaian yang lebih efisien dibandingkan cara sebelumnya. Adanya teknologi percetakan tentu saja menjadikan proses penyampaian informasi menjadi menjadi lebih cepat lagi. Proses penyampaian informasi terus berkembang menyesuaikan perkembangan zaman, munculnya radio, televisi dan komputer mengakibatkan proses informasi semakin lebih mudah dijangkau setiap hari oleh manusia.
      Kedua, ICT (Information Communication Technology) atau dalam bahasa indonesia adalah Teknologi Informasi dan Komunikasi. Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah suatu aspek penting dalam sebuah proses dan penyampaian informasi. Teknologi Informasi dan Komunikasi atau lebih dikenal dengan TIK mencakup dua aspek didalamnya, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi. Teknologi informasi adalah seperti yang telah dijelaskan diatas. sedangkan teknologi komunikasi adalah teknologi apapun yang dapat membantu manusia untuk saling berkomunikasi. Jadi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan gabunga dari Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi. TIK adalah suatu kegiatan yang berhubungan dengan proses, penyampaian, penerimaan, pengolahan, pemidahan informasi maupun komunikasi dengan menggunakan media sebagai alat bantunya.
      Ketiga, ICCT (Information Communication Collaboration Technology) atau dalam bahasa indonesia adalah Teknologi kolaborasi informasi dan komunikasi. ICCT atau biasa disebut dengan Information and Communication Technology (ICT) Online Collaborative Program merupakan gabungan atau kolaborasi dari IT dan ICT. Penggabungan keduanya biasanya menggunakan media online (internet). Internet dijadikan sebagai alat bantu utama untuk memperloreh, mengolah, dan meindahkan informasi dan komunikasi.



sumber : http://wikipedia.org