Selasa, 02 Oktober 2012

Komputer dan Sejarah Perkembangannya

Kita semua tahu komputer adalah suatu alat yang dapat melakukan apa saja. kecanggihan komputer pada zaman ini tidak terlepas dari perkembangan zaman yang begitu pesat. Tapi apakah anda tahu apa itu komputer ? dan bagaimana sejarahnya ? baiklah, kita akan membahas pengertian komputer terlebih dahulu.
Pada awal kemunculannya, komputer diartikan sebagai suatu alat bantu untuk menghitung. Seiring dengan perkembangan zaman fungsi komputer tidak hanya untuk
menghitung melainkan dapat membentu mempermudah seseorang dalam melakukan pekerjaannya, seperti mengolah data, membuat program dan lain sebagainya bahkan pada zaman sekarang komputer dijakan sebagai alat untuk megolah informasi.
Secara luas, Komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada.
Sejarah Komputer
Pada masa awal kemunculannya komputer masih sangat terbatas penggunaan dan kegunaannya, bahkan harus mempunyai keahlian khusus untuk dapat mengoperasikannya. Tetapi seiring perkembangan teknologi dari masa ke masa komputerpun menunjukan perbedaan yang sangat menonjol baik itu dalam penggunaan maupun kegunaannya. Sejarah mencatat ada 5 (lima) generasi dalam sejarah komputer, yaitu :
Generasi Pertama (1940-1959),
    Komputer pada generasi pertama adalah jenis komputer yang diciptakan pada masa perang dunia kedua. Negara-negara yang ikut dalam perang dunia tesebut saling berlomba untuk mengembangkan potensi strategi yang dimiliki komputer. Tahun 1914 komputer diciptakan oleh seorang insinyur dari jerman untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali. Tahun 1943, Di inggris mencipatakan sebuah komputer yang dapat memecahkan kode rahasia (Colossus) yang dibuat oleh jerman. Di Amerika tahun 1900-1973 seorang insiyur dari Harvard berhasil membuat kalkulator elekttronik. Kalkulator ini menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakan komponen mekaniknya. Kalkulator ini juga dapat melakukan perhitungan artimatik dasar dan persamaan kompleks. Salah satu kelemahannya yaitu operasi yang dilakukannya masih sangat lambat dan tidak fleksibel. Pertengahan tahun 1940-an John Von Neumann mendesain sebuah komputer yang berhenti pada suatu saat kemudian dapat melanjutkan pekerjaannya kembali. Komputer ini diharpakan dapat bertahan hingga 40 tahun mendatang. Kunci utama dlam komputer ini adalah unit pemrosesan central (CPU) seluruh fungsi komputer dapat dikoordinasikan melalui satu prgram tunggal.
Komputer generasi pertama memiliki program kode biner yang berbeda yang biasa di sebut machine language (bahasa mesin), oleh karena itu komputer pada generasi ini sulit untuk diprogram dan sangat terbatas kecepatannya. Selain itu penggunakan Tube Vakum menjadikan ukuran komputer pada masa ini menjadi berukuran sangat besar serta adanya penggunaan Silinder Magnetik untuk penyimpanan data.
Generasi Kedua (1959-1954)
    Penemuan transistor pada tahun 1948 sangat memperngaruhi perkembangan komputer pada generasi kedua ini. Karena ukuran transistor yang kecil akibatnya ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis. Komputer generasi kedua ini terlihat lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan dan lebih hebat energi jika dibandingkan dengan komputer generasi pertama. Komputer generasi kedua ini menggunakan bahasa assembly menggantikan bahasa mesin pada komputer generasi sebelumnya. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singkatan menggantikan kode biner. Industri perangkat lunak juga mulai bermunculan pada masa ini.
Generasi Ketiga (1964-1990)
    Munculnya komputer generasi ketiga ini ditandai dengan adanya penemuan Batu Kuarsa (quartz rock). Seorang insiyur di texas mengembangkan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon yang terbuat dari pasir kuarsa. Kemudian mereka memasukan beberapa kompnen lain kedalam sebuah chip. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil. Kemajuan lain pada komputer generasi ketiga ini yaitu penggunaan sistem operasi (Operating System) yang memungkin komputer menjalankan program yang berbeda secara bersamaan.
Generasi Keempat (1990-an)
    Mikroprosesor adalah bukti perkembangan komputer generasi keempat dari generasi-genersi sebelumnya. Sebuah mikroprosesor dapat diprogram untuk memenuhi kebutuhan yang diinginkan. Chip ini dapat digunakan untuk memproses dan menyimpan memori, maka proses yang dilakukannya lebih cepat, kecepatannya mencapai jutaan bit per detik. Perangkat lunak yang digunakan pada komputer generasi keempat ini juga ikut berkembang, seperti program word processing dan spreadsheet. Selain chip dan perangkat lunak, ukuran komputer pada generasi ini juga lebih fleksibel dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Jika pada generasi sebelumnya komputer hanya bisa disimpan dirumah dan diletakan di atas meja (computer desktop) berkembang menjadi komputer yang dapat dimasukan kedalam tas dan bisa dibawa kemana saja (Laptop). Jaringan LAN (Local Area Network) yang dapat memudahkan seseorang untuk berbagi informasi, data, file, atau apapun melalu komputer juga muncul pada generasi keempat ini. Hal ini menjadikan proses komuikasi yang terjadi menjadi lebih mudah. Komputer generasi keempat ini ialah jenis-jenis komputer yang ada pada masa sekarang.
Generasi Kelima
    Komputer generasi kelima ini merupakan komputer impian atau komputer masa depan. Komputer pada generasi ini diharapkan untuk bisa mengerjakan beberapa tugas dalam satu waktu (multi function and muulti tasking). Selain itu komputer generasi kelima ini diharapkan dapat menerima instruksi secara lisan dari manusia dan mengikuti nalar yang ada dalam pemikiran manusia.




sumber: http://wikipedia.org
              http://sejarahkomputer.org
              http:// sejarah-komputer.com