Senin, 01 Oktober 2012

Apa itu Informasi ?

Anda tahu apa itu informasi ? tentu saja tahu, informasi telah menjadi kebutuhan hidup manusia dalam setiap harinya. bahkan pada zaman sekarang informasi telah dijadikan manusia sebagai trend mode. maksudnya ? maksudnya adalah manusia berbongong-bondong mendapatkan informasi terupdate untuk ahirnya disebar luaskan kepada orang lain yang belum mengetahui informasi tersebut. jelas memang, orang yang terkadang memberikan informasi lebig awal cenderung lebih terkesan keren daripada orang yang menyampaikan informasi yang sudah basi. pembahsan kita kali ini akan membahas tentang apa itu informasi. langsung saja ke TKP :p

        Informasi adalah pesan yang diterima dari suatu proses komunikasi. Pesan tersebut dapat berupa berita atau sesuatu yang bersifat memberitahu kepada penerima pesan (komunikan). Informasi dapat diperoleh oleh manusia dimana saja, kapan saja dan melalui apa saja. Informasi merupakan salah satu hal yang diperoleh dari adanya proses komunikasi. Informasi ini dapat bersifat baik begitu juga sebaliknya. informasi dapat dikatakan juga sebagai laporan terhadap apa yang telah kita lakukan. Contoh :  kita memberikan laporan kegiatan kepada atasan kerja. Dalam proses tersebut ada sebuah informasi yang telah kita sampaikan kepada atasan kita. Informasi yang diberikan harusnya secara jelas, agar pesan atau isi dari informasi tersebut dapat tersampai dengan sempurna. Hasilnya, tidak akan terjadi misscommunication.
Dalam dunia komputer, informasi selalu diartikan sebagai sebuah data yang tersimpan, diproses atau ditransmisikan. contoh : sebuah data yang tersimpan pada suatu worksheet misal laporan kehadiran karyawan suatu perusahaan dalam ms.word. laporan ini merupakan suatu informasi.